Jurnal Ilmiah : Pelayanan Publik Yang Akomodatif

ABSTRAK

Pemerintahan pada hakekatnya adalah pelayanan kepada masyarakat. Dominasi pemerintahan dan birokrasinya dalam kehidupan politik dan ekonomi selama ini telah menciptakan berbagai distorsi dalam penyelenggaran pelayanan publik. Dalam situasi seperti ini birokrasi publik dan para pejabatnya lebih menempatkan dirinya sebagai penguasa dari pada sebagai pelayan masyarakat. Akibatnya sikap dan perilaku birokrasi publik dalam penyelenggaraan pelayanan publik cenderung mengabaikan aspirasi dan kepentingan masyarakat. Di sisi lain, meluasnya praktek-praktek KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme) dalam kehidupan birokrasi publik dan berkembangnya budaya paternalistik ikut memperburuk sistem pelayanan publik sehingga pada gilirannya semakin mencoreng image masyarakat terhadap birokrasi publik. Tiga konsep penting yang menyangkut tanggung jawab administrasi publik terhadap publiknya yaitu akuntabilitas, responsibilitas dan responsivitas. Dimana akuntabilitas merupakan landasan bagi proses penyelenggaraan pemerintahan, dan responsivitas dalam pelayanan publik merupakan bagian dari pelayanan publik yang akomodatif. Sedangkan Responsivitas adalah kemampuan birokrasi publik untuk mengenali kebutuhan masyarakat, menyusun agenda dan prioritas pelayanan serta mengembangkan program-program pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. (Pengarang)


Sebuah Jurnal Ilmiah Oleh J. Karepesina
Sumber : Populis >>> Forum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Penerbit : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura

Untuk Lebih Detailnya Dapat Didownload Disini




0 Komentar untuk "Jurnal Ilmiah : Pelayanan Publik Yang Akomodatif"

Back To Top