MAKALAH PERBANDINGAN PEMERINTAHAN SINGAPORE


pendahuluan
Singapura atau dalam bahasa Inggris Republic of Singapore, negara yang berada di utara Kepulauan Riau (Indonesia) ini punya sejarah yang cukup menarik, yang pada awalnya Singapura adalah perkampungan nelayan yang dihuni oleh suku melayu. Pada tahun 1959 dengan suatu konstitusi Singapura memperoleh status “internal self-rule” dalam ikatan Persemakmuran. Pada tahun 1963 bergabung dengan ke dalam Federasi Malaysia, tetapi pada tanggal 9 Agustus 1965 dikeluarkan dari Federasi karena dikhawatirkan Lee Kuan Yew dan partainya akan meluaskan pengaruhnya ke bagian-bagian lain Malaysia. Konstitusi Singapura yang sekarang berasal dari Konstitusi 1959 dengan amandemen-amandemen berhubung dengan bergabungnya untuk sementara waktu dengan Malaysia dan pemantapan penerimaan bentuk republik.
Konstitusi Singapura berdasarkan sistem Westminster, karena Singapura bekas merupakan bekas jajahan inggris. Posisi presiden adalah simbolis “the president of Singapore shall be the symbolic/ the nominal head of the state” sebagai kepala negara dan kekuasaan pemerintahan berada pada perdana menteri yang merupakan ketua partai politik yang mempunyai kedudukan mayoritas diparlemen. Presiden dipilih oleh parlemen untuk masa jabatan empat tahun, sedang Parlemen sendiri bersifat monokameral beranggotakan 65 orang yang dipilih secara langsung dalam pemilihan umum, untuk masa jabatan 5 tahun. Parlemen dapat dibubarkan.
Arena politik dikuasai oleh Partai Aksi Rakyat (People Action Party) yang telah memerintah sejak singapura merdeka. Pemerintahan PAP sering memperkenalkan undang-undang yang tidak memberi kesempatan tumbuhnya penumbuhan partai-partai oposisi yang efektif. Cara PAP dikatakan lebih cenderung otoriter dari pada Demokrasi yang sebenarnya. Namun, cara pemerintahan tersebut berhasil menjadikan Singapura sebuah menjadi negara yang maju, bebas dari pada korupsi dan memiliki pasar ekonomi yang terbuka. Para ahli politik menganggap Singapura sebuah negara yang berideologi Demokrasi Sosialis.


PERMASALAHAN PERMASALAHAN PERBANDINGAN PEMERINTAHAN SINGAPURA DENGAN INDIKATOR DIBAWAH INI :
1.            Sejarah Singapura.
2.            Demografi atau Kependudukan.
3.            Sistem pemerintahannya.
4.            Permasalahan Pemerintahan di Singapura.

0 Komentar untuk "MAKALAH PERBANDINGAN PEMERINTAHAN SINGAPORE"

Back To Top